Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME karena telah berdiri secara resmi Federasi Wing Chun Indonesia dengan akta notaris dan akta DEPKUMHAM yang berdasarkan kepada asas Pancasila dan UUD 1945.

Tradisional Ip Man (TIM) Wing Chun Indonesia merupakan penggagas dan pendiri dari federasi Wing Chun Indonesia, yang dibentuk dengan tujuan menaungi seluruh komunitas/perguruan/organisasi wing chun di Indonesia yang berlineage resmi dan bersertifikasi instruktur dari organisasi induk lineage. Federasi Wing Chun Indonesia juga adalah penghubung resmi komunitas/perguruan/organisasi wing chun Indonesia dengan pemerintah Indonesia untuk secara bersama-sama memajukan wing chun di Indonesia, agar diakui dan di segani oleh wing chun di dunia dengan kualitas dan kuantitas tinggi melalui prestasi nyata.

TIM Wing Chun Indonesia mengajak seluruh komunitas/perguruan/organisasi wing chun di Indonesia untuk bergabung di federasi Wing Chun Indonesia agar secara bersama-sama dapat mewujudkan wing chun yang berprestasi secara berkelanjutan. Khusus untuk komunitas/perguruan/organisasi wing chun Ip Man yang saat ini belum memiliki akta notaris dan akta DEPKUMHAM, maupun tidak memiliki lineage resmi, maka dapat bergabung dalam afiliasi TIM Wing Chun Indonesia, agar dapat memenuhi persyaratan untuk bergabung di Wing Chun Indonesia.

Bagi wing chun non-Ip Man yang ingin bergabung ke federasi Wing Chun Indonesia, dapat membuat akta notaris dan akta DEPKUMHAM yang memang merupakan syarat mutlak bagi organisasi resmi di Indonesia, serta mengajukan permohonan untuk sertifikasi instruktur ke organisasi induk lineage wing chun.