Mok Yan Jong

Setelah kita mempelajari dan mendalami form tangan kosong (Siu Lim Tao, Chum Kiu, Biu Gee), materi selanjutnya adalah Mok Yan Jong (Boneka Kayu).

Dalam wing chun Ip Man, Mok Yan Jong merupakan aplikasi dari tiga form tangan kosong yang telah kita selesaikan, oleh sebab itu apabila kita tidak menguasai seluruhnya maka tidak mungkin akan diberikan materi Mok Yan Jong.

Dalam mempelajari Mok Yan Jong hal pertama yang harus kita perhatikan adalah Mok Yan Jong itu sendiri, kenapa? Karena wing chun yang kita pelajari adalah wing chun Ip Man maka mok yan jong harus sama dengan yang dipakai GGM Ip Man, baik bentuk, ukuran, struktur dan bahan kayu yang digunakan harus benar. Sebab, apabila salah maka Mok Yan Jong tidak dapat digunakan.

Untuk membuat Mok Yan Jong yang benar, mau tidak mau kita harus melihat langsung Mok Yan Jong asli yang berada di Ip Man Tong, VTAA atau Mok Yan Jong yang digunakan oleh murid-murid GGM Ip Man.

Tahap selanjutnya adalah belajar mengunakan Mok Yan Jong tersebut, seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Mok Yan Jong merupakan aplikasi dari tiga form wing chun, maka semua jurus ataupun teknik yang digunakan pada Mok Yan Jong merupakan bagian-bagian dari tiga form yang disatukan menjadi satu kesatuan jurus Mok Yan Jong yang sangat dinamis, mulai dari bentuk kuda-kuda, gerakan tangan dan gerakan badan harus menyatu dalam satu kesatuan yang harmonis.