Sejarah TIM Wing Chun dimulai dari 4 orang pecinta wing chun yang mendirikan komunitas Brotherhood of Wing Chun (BoWC) pada awal tahun 2010, yaitu; Martin Kusuma, Arifin Asen, Abraham Nugroho dan Dino Limawan. Ketua komunitas BoWC, Martin Kusuma, berkesempatan untuk belajar kepada Grand Master (GM) Samuel Kwok (murid dari anak kandung Great Grand Master (GGM) Ip Man: GGM Ip Chun dan GGM Ip Ching) melalui seminar-seminar yang diadakan GM Samuel Kwok.

Pada 6 November 2011, Martin Kusuma diangkat menjadi murid resmi GM Samuel Kwok. Maka semenjak itu pula, BoWC mulai menerima murid resmi dengan Martin Kusuma sebagai guru besar BoWC. Secara konsisten, Martin Kusuma juga terus mempelajari wing chun Ip Man dari berbagai tokoh wing chun di Hong Kong. Salah satu guru yang berperan besar untuk perkembangan wing chun Martin Kusuma adalah GGM Ip Ching.

Kini, Martin Kusuma telah mendapatkan sertifikasi instruktur internasional dari Ving Tsun Athletic Association (VTAA), Hong Kong, juga terdaftar sebagai anggota tetap di VTAA dan Ving Tsun Ip Ching Athletic Association (VTICAA), Hong Kong. Ini sebagai bukti nyata bahwa wing chun Ip Man yang dipelajari oleh Martin Kusuma dapat dipertanggungjawabkan.